Domain & Hosting 100% GRATISS (CO.CC)

on Monday, December 29, 2008

kebayang ga ?? punya email : namague@namague.co.cc ?? punya hosting 350 Mb dan bandwith 100Gb ?? semua itu GRATIS ??

Sekali lagi bagi yang pengen punya website dan domain, tapi dana mepet. Free domain dan free hosting. Dijamin dengan barang gratisan anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk hosting dan domain. Domain adalah nama dari website anda, hanya nama loh, sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file-file website anda.
Untuk memiliki website anda harus memiliki kedua elemen tersebut, hosting dan domain. Biasanya setiap penyedia free hosting memberikan subdomain, misalkan http://freehosting.com, nantinya subdomain anda adalah http://anda.freehosting.com. Tapi kan tidak keren kalau subdomain ? ada banyak penyedia layanan hosting gratis,. tapi saya saya sangat menganjurkan menggunakan hosting dan domain yang nantinya saya sebutkan Sebagai catatan, saya sudah melakukan riset selama ribuan tahun untuk ini

tanpa CAS CIS CUS kita mulai,........

Jika saya perhatikan, sudah banyak yang menggunakan domain .co.cc untuk pengalamatan website atau blog yang dimiliki. Sebagian diantaranya sudah menggunakan pula untuk alamat email dengan menggunakan layanan Google Apps. Memang bagus fasilitas yang diberikan oleh co.cc, pengguna dapat memiliki domain (tepatnya subdomain) secara gratis yang diperlengkapi layanan pengaturan Domain Name System (DNS) yang memungkinkan pengguna memanfaatkan domain yang diperoleh sesuai kebutuhannya.

Langkah pertama: Masuk ke CO.CC:Free Domain (link ini merupakan link afiliasi saya), dan pada halaman depan tersebut, Anda akan mendapati kotak pengecekan domain. Masukkan nama yang diinginkan, kemudian klik Check Availability. Jika sudah tidak tersedia, Anda dapat mengulanginya kembali.

 
Jika suatu domain masih tersedia, maka akan nampak seperti gambar di samping. Jika Anda tidak berniat untuk membayar nama domain yang mungkin tersedia tapi oleh Co.cc dijual, pastikan bahwa untuk nama domain tersebut tertulis Free. Jika tersedia, tetapi diharuskan membayar jumlah tertentu, Anda dapat mengulangi dengan memasukkan nama domain yang lain pada kotak pengecekan di bawahnya, kecuali memang Anda bersedia untuk membayarnya. Jika sudah, klik Continue to registration.

 
Halaman berikutnya adalah halaman login. Jika sudah mempunyai account di Co.cc, Anda dapat langsung login. Jika belum, klik link Create an account now, dan langkah berikutnya adalah memasukkan nama, alamat email, password, dan identitas Anda lainnya.

 
Setelah login atau melakukan pendaftaran account tersebut, maka selanjutnya Anda akan dihadapkan pada halaman informasi bahwa domain baru tersebut sudah didaftarkan untuk Anda, dan Anda diberi waktu 48 jam untuk melakukan setup domain tersebut atau pendaftaran domain akan dibatalkan. Jadi, di sini Anda klik tombol Set up.

 
Setelah masuk halaman setup domain di Co.cc, biarkan halaman tersebut tetap terbuka. karena nanti kita balik lagi untuk melanjutkan,. dengan kata lain kita akan butuh NS nya ato dimana hosting kita nantinya.

Langkah Kedua : daftar pada hosting gratisan, silahkan mendaftar di :

Free Web Hosting with Website Builder
(link ini merupakan link afiliasi saya)

saya menyarankan hosting ini selain gratis, karena memiliki fasilitas yang hampir setara dengan hosting yang harus kita bayar

pilih menu ORDER NOW atau SIGN UP untuk mendaftar.

 
anda akan memasuki halaman berikut ini :
 
berikutnya anda akan memasuki control panel disini anda hanya mencatat NS nya saja, seperti ini :

Setelah semua beres kita kembali ke halaman setup domain Co.cc yang sebelumnya Anda tinggalkan dalam keadaan terbuka untuk membuat NS record Untuk penggunaan ini kita klik pilihan 1 yaitu Manage DNS. Selanjutnya anda paste nama NS dan klik SETUP


OK,.sementara semua udah selesai kita tinggal menunggu paling lama 48 Jam tapi biasanya dalam waktu 24 jam Domain dan hosting kita bisa di Setup.

sambil menunggu saya pun akan membuat artikel berikutnya bagaimana caranya upload web kita atau setting web kita dengan web CMS yang kita inginkan,. CMS yang instan di dukung oleh hosting tadi adalah :

Wordpress -- Blog
B2evolution -- Blog
Joomla -- Portal
Drupal -- Portal
PHPwebsite -- Porrtal
PHPBB -- Forum
Simple Machine - Forum
Coppermine -- Gallery

jika anda ingin setup web sesuai kebutuhan atau CMS yang anda inginkan tidak ada di hosting tersebut,. jangan kuatir, karena kita di izinkan untuk mengistalnya sendiri