Reset Canon iP1500

on Friday, January 16, 2009

INDIKASI "WASTE FULL ERROR"
Lampu warna orange dan hijau hidup secara bergantian sebanyak 7 kali dengan spasi warna hijau, mengindikasikan bahwa waste counter (main waste & platen waste) sudah lebih dari 100%, ini adalah kondisi terakhir setelah peringatan operator call error dengan kode lampu orange berkedip tanpa diselingi warna hijau sebanyak 8 kali.

SERVICE MODE
Dalam keadaan error maka printer dalam kondisi sibuk dan tidak siap dilakukan inspeksi, langkah awal untuk inspeksi diharuskan memasukkan printer pada mode service dengan cara sebagai berikut:
1। Dalam kondisi printer mati dengan printhead catridge terpasang, pada saat power off (tanpa listrik)
tekan dan tahan tombol power (sebelah kiri) kemudian berikan power (masukkan kabel listrik).
2. Dalam kondisi tombol power masih tertekan, tekanlah tombol resume (sebelah kanan) 2 kali,
kemudian lepaskan tombol power, dan tunggulah beberapa saat setelah lampu tidak berkedip.
3. Setelah lampu tidak mengindikasikan adanya error berarti printer siap untuk diinspeksi, apabila
masih ada indikasi error lain silahkan cek apakah printhead cartridge sudah terpasang, atau cobalahcek indikasi kode error tersebut।

EEPROM RESET
1. Silahkan pilih nomor port USB dari printer yang akan direset, perlu diperhatikan bahwa programGeneralTool tidak dapat digunakan apabila nomor port melebihi batas tertentu (20 port), apabila port USB sudah melebihi batas cobalah untuk menghapus printer-printer yang ada dan lakukan restart pada komputer, apabila port belum terhapus silahkan hilangkan melalui root didalam registry Windows.
2. Apabila diperlukan inisialisasi tipe printer tekanlah tombol "iP1500E" (untuk market asia non japan)
didalam kotak "SET DESTINATION", inisialisasi ini diperlukan apabila terjadi kesalahan tipe
printer dimana tipe printer tidak sesuai dengan daerah pemasaran (market area) atau tidak sesuai dengan kondisi asli (lihat tipe printer yang tertera di cover printer), silahkan cek tipe printer dengan menekan tombol "DEVICE ID" didalam kotak "GET DEVICE ID".
3. Berikan tanda cek pada pilihan "EEPROM CLEAR", selanjutnya lakukan test pattern dengan
menekan tombol "TEST PATTERN 1" atau "TEST PATTERN 3", dimana "TEST PATERN 1" akan memberikan printout data EEPROM dan melakukan test prinhead untuk semua nozzle (hitam dan warna), "TEST PATTERN 3" akan memberikan printout data EEPROM dan melakukan test printhead untuk nozzle hitam.
4. Matikan printer dan cabutlah kabel listrik, tunggu beberapa saat untuk memastikan printer benar-benar mati. Siapkan tank berisi tinta penuh dan selanjutnya hidupkan kembali printer dan tunggu beberapa saat setelah proses printhead cleaning selesai (tahap printhead cleaning pertama) dan lampu hijau tidak berkedip. Silahkan cek nilai waste counter dengan menekan tombol "EEP-ROM INFORMATION", pastikan nilai waste counter (nilai D) tidak melebihi 10%.
5. Matikan printer, tunggu beberapa saat dan hidupkan kembali printer. Selanjutnya printer akan masuk pada tahap printhead cleaning kedua. Silahkan lakukan test pattern untuk menampilkan printout data EEPROM (tanpa "CLEAR EEPROM") dan juga cobalah lakukan "Test Print Page" yang sudah disediakan oleh Windows melalui properties dari printer bersangkutan.

WASTE COUNTER RESET
Nilai waste counter (D) dalam prosentase merupakan gabungan dari main waste dan platen waste, reset dapat dilakukan secara terpisah dimana nilai "Dd" mengindikasikan nilai main waste (satuan mg) dengan nilai maksimal 135200mg (100%) dan "Ds" mengindikasikan nilai platen waste (satuan mg) dengan nilai maksimal 7600mg (100%). Silahkan cek penyebab error dengan menekan tombol "EEP-ROM INFORMATION".
Tekan tombol "MAIN" didalam kotak "CLEAR WASTE INK COUNTER" untuk reset nilai main waste, dan tombol "PLATEN" digunakan untuk reset nilai platen waste. Kedua tombol tersebut tidak akan menghapus seluruh data EEPROM termasuk data jumlah kertas yang telah dicetak. Proses reset ini tidak tidak akan menginisialisasi ulang data EEPROM, hasilnya tidak melalui tahap printhead cleaning yang terjadi 2 kali pada EEPROM RESET.

REFERENSI
Operator Call Error (Lampu orange berkedip tanpa diselingi lampu hijau), disediakan untuk user.

KODE ERROR INDIKASI/RESOLUSI
Blinking 2 Times Paper out (tidak ada kertas).
Blinking 3 Times Paper jam (kertas macet), apabila berkelanjutan cobalah cek sensor
kertas berupa tuas (warna hitam) mengubungkan kertas dengan photo
sensor pada PCB.

Blinking 4 Times Ink tank not installed (tangki tinta tidak terpasang).
Blinking 5 Times Cartridge installed improperly (printhead cartridge terpasang tidak
benar), kemungkinan dikarenakan prinhead cartridge salah atau terjadi
kerusakan pada EEPROM printhead cartridge).
Blinking 8 Times Waste ink full warning (peringatan sebelum error nilai waste counter
melebihi 100%).

Sofware reset :General Tools software
cara reset : Manual reset KB