Install Windows di Mac Menggunakan Bootcamp

on Sunday, January 18, 2009

Anda penggemar Mac? Tetapi ingin menginstall Operating Windows pada Mac anda. Jangan khawatir, Mac telah menggunakan prosesor Intel yang memungkinkan Anda untuk menginstall Windows pada Mac. Software virtual seperti Parallels ataupun vmware tidak perlu di gunakan kembali. Bagi sebagian pengguna Mac, cara memartisi cukup membingungkan.
Dengan dijalankan windows pada Mac Anda, kinerja windows akan lebih baik dan cepat dibanding dengan mengoperasikan windows di PC. Bootcamp tidak bisa digunakan di Mac Power PC dan tidak akan berjalan sama sekali di Mac Power PC
Buat partisi untuk windows,  menggunakan Boot Camp Assistant.Temukan di folder, Application/Utilities. Jalankan aplikasi tersebut :
Tentukan pilihan ukuran partisi Windows yang Anda inginkan. Dalam penentuan partisi di windows. Anda harus tahu tujuan dalam mempartisi dan dual OS terdapat windows pada Mac anda, apabila tujuannya adalah hanya untuk menginstal aplikasi windows office saja, tidak perlu partisi besar untuk windows, sedangkan apabila untuk digunakan bermain, berarti partisi untuk windows harus lebih besar lagi, mungkin setengah dari harddisk.
Setelah proses instalasi selesai, masuukan CD/DVD OS windows anda, lalu klik Start Installation, Mac anda akan restart.

Setelah proses installasi windows selesai, masukan DVD Leopard untuk menginstal driver pada operating windows anda. Setelah semuanya selasai, restart kembali Mac Anda, hal ini bertujuan agar perubahan secara menyeluruh pada Mac Anda. Waktu boot-up akan langsung masuk ke Windows, karena target bootnya ke Partisi windows yang di set secara default. Untuk merubahnya kembali supaya boot ke Mac, silahkan buka Control Panel Windows, dan running program Boot Camp.